Blog
Jatilawang
today : | at : | safemode : ON
> / home / facebook / twitter / exit /
name author perms com modified label

Protein anti Kanker dari Tembakau bLogger_Jatilawang rwxr-xr-x 0 22.01

Filename Protein anti Kanker dari Tembakau
Permission rw-r--r--
Author bLogger_Jatilawang
Date and Time 22.01
Label
Action
Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia... ya! Tiada yang sia-sia dalam setiap penciptaan Allah. Dari yang mikroskopis sampai yang makroskopis sekalipun. Hanya saja... adakalanya kita belum mampu menguak makna yang ada. Ada pun yang sudah terkuak...menuntun kita untuk berdo’a... “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali Imran : 191)

Dan...

Ini tentang tembakau... menyebut kata tembakau, kita langsung teringat bahwa tembakau merupakan bahan utama rokok berikut assesoris penyakit yang ditimbulkan oleh penggunanya.

Tapi...

Ini adalah manfaat positif tembakau...

1. Mencegah karat

Nikotin pada tembakau dapat dimanfaatkan untuk mencegah karat pada besi. Senyawa nitrogen yang terkandung pada nikotin (di tembakau) dan kafein (di daun teh) inilah yang mampu mencegah karat. Nitrogen sebagai bahan baku inhibitor (bahan penghambat panas) karena mempunyai pasangan electron yang bisa menangkal karat. Sudrajat, beni Hermawan, dan Sinly Evan Putra-ketiganya peneliti dari jurusan kimia FMIPA Universitas Lampung berhasil melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Mereka melapisi besi, tembaga, dan aluminium dengan ekstrak daun tembakau, teh dan kopi. Hasil yang diperoleh tidak ada karat yang muncul, bahkan meski rendamannya berupa larutan garam. Tumbuhan lain yang mempunyai efek sama ialah senyawa nitrogen dari daun pepaya dan lidah buaya. (trubus –juni 2007)

2. Protein anti kanker

Hmmm...ternyata tembakau dapat pula menghasilkan protein anti-kanker. Menurut peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DR Arief Budi Witarto MEng, demikian seperti dikutip Antara.
“Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, kita masukkan DNA yang dimaksud itu ke tembakau melalui bakteri, begitu masuk, tumbuhan ini akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan itu panen, kita dapat cairannya berupa protein,” katanya. Selain untuk protein antikanker, dapat juga untuk menstimulasi perbanyakan sel tunas(stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang rusak. Tembakau juga mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

3. melepas gigitan lintah

Tembakau dapat juga digunakan untuk melepaskan gigitan lintah. Tembakau bisa digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga. Kalau serangga saja bisa mati karena nikotin, berarti manusia pengguna nikotin pun dapat mengalami hal serupa.

4. Pemelihara kesehatan ternak

Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) mempunyai potensi untuk membasmi cacing H. contortus. Sebagai akibatnya hasil pengobatan akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak, sebab kesehatan ternak tersebut makin baik. Lagi lagi nikotin sebagai pembasmi. Hmmmmm....

5. Penghilang embun

Tembakau bisa juga digunakan untuk menghilangkan “embun” pada kaca dalam mobil pada waktu hujan dengan cara menggosokkan tembakau pada kaca tersebut.

6. Obat luka

Daun Nicotiana tabacum dapat berkhasiat sebagai obat luka. Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.

Tentu saja masih banyak lagi manfaat positif tembakau yang belum tertulis disini. Salah satunya adalah tembakau memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika ditinjau tembakau sebagai bahan dasar rokok. Tetapi jika ini diambil sebagai manfaat positif tentu saja banyak permasalahan yang menyertai. Kemadhorotannya jauh lebih banyak dari pada manfaatnya. Dan pastinya saya tidak merekomendasikan semua yang merugikan.

Nah...mari kita ambil manfaatnya saja..dan kita jauhi segala yang merusak. Alam semesta perlu keseimbangan, tubuh pun butuh keseimbangan, maka jika kita mencoba memasukkan benda asing yang tak bermanfaat bagi tubuh, dia akan bereaksi menyeimbangkan diri. Efeknya sampingnya akan kita rasakan sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jayalah Indonesiaku © 2010 Blogger Jatilawang
VB (Vio b374k) Template design by p4r46hcyb3rn3t